Jumat, 10 April 2015

Minum Air Putih Menjaga Metabolisme Tubuh


Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting, karena kesehatan tubuh akan mempengaruhi produktivitas, financial dan sebagainya. Banyak cara yang bisa dilakukan , misalnya mengatur pola makan sehat,  olahraga dan lain-lain. Namun sebagian orang lupa bahwa ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh ada minum air putih yang cukup. Minum air putih bisa menjaga keseimbangan metabolisme tubuh anda diantaranya sebagai berikut.

1. Kesehatan Ginjal Terjaga

Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh, ginjal bekerja utnuk menyaring segala macam cairan dan makanan sebelum diolah kembali ke usus besar.  Apabila kekurangan cairan proses tersebut masih berjalan, tetapi  dampak yang ditimbulkan bisa terlihat, misalnya ketika buang air kecil urine akan terlihat keruh dan bau.  Selain itu anda bisa juga terkena resiko batu ginjal, hal ini kerap terjadi pada orang-orang yang tinggal didaerah dengak iklim panas. Minum air putih dapat membantu menambah cairan sehingga proses kerja ginjal tidak terganggu.

2. Mempertahankan Massa Otot

Kita tahu bahwa otot juga perlu cairan agar berkembang dan berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh terasa lelah dan tidak bertenaga. Minum air sangat dianjurkan untuk keseimbangan caira pada otot. Inilah mengapa saat berolahraga harus banyak minum air, karena pada saat berolahraga akan memerlukan kerja otot yang sangat tinggi. Pada saat olahraga kita juga mengeluarkan keringat yang membuat cairan pada tubuh berkurang.
3. Memperlancar Pencernaan

Salah satu penyebab sembelit adalah akibat anda kekurangan cairan.  Ketika kekurangan cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja, sehingga pada saat buang air besar akan terasa sulit. Agar anda tidak mengalami sembelit kita harus memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, air bisa membantu meningkatkan fungsi pencernaan, sehingga bagi anda yang sering mengalami sembelit minum air sangat dianjurkan.

4. Menjaga Kekentalan Darah

Pengentalan darah akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras lagi dalam menyaring zat-zat berbahaya dalam darah, akibatnya ginjal menjadi tidak berfungsi dengan baik . Inilah yang biasa kita sebut dengan gagal ginjal, salah satu sebabnya ialah anda kekurangan cairan sehingga kadar air yang terdapat dalam darah juga berkurang dan darah menjadi kental. Darah yang kental akan menjadi tidak lancar dan menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan darah bisa menyebabkan stroke dan beberapa penyakit lainnya.

5. Kulit menjadi Cerah

Kulit yang lembab akan terlihat bercahaya dan segar. Minum air putih yang cukup menjaga kulit tetap lembab sehingga kulit menjadi tidak kering. Kulit kering akan terlihat sangat kusam, selain itu kekurangan cairan pada kulit bisa menyebabkan penyakit kulit seperti eksim, dan penyakit kulit lainnya.

Minum air kangen atau kangen water juga sangat membantu untuk memenuhi cairan dalam tubuh anda. Selain itu banyak manfaat yang bisa kita peroleh, kangen water membantu mencegah penyakit seperti gagal ginjal, membersihkan usus dari kotoran-kotoran yang ada pada tubuh, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar